081-80794-5000 bcmataram@customs.go.id
Coffee Morning bersama PT. Pelindo, Karantina, BKIPM, Dinas Deperindag Pemprov. NTB dan BAPPENDA Prov. NTB Membahas National Logistics Ecosystem (NLE)
Tanggal Posting : Tue, 13 Oct 2020

Mataram (13/10/2020)

Kepala Kantor Bea Cukai Mataram, I Putu Alit Ari Sudarsono melaksanakan Coffee Morning bersama PT. Pelindo, Karantina, BKIPM, Dinas Deperindag Pemprov. NTB dan BAPPENDA Prov. NTB di kantor PT. Pelindo, Pelabuhan Gili Mas, Lombok Barat.

Dalam kegiatan ini membahas beberapa point penting, diantaranya :

1. National Logistics Ecosystem (NLE)

2. Program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN)

2. Pertukaran data Ekspor yang akan di kembangkan

3. Kendala yang dihadapi saat melakukan ekspor langsung dari NTB

4. Dibentuknya forum diskusi untuk mendorong ekspor langsung dari NTB

Program National Logistic Ecosystem (NLE) adalah ekosistem logistik yang menyelaraskan arus lalu lintas barang dan dokumen baik internasional maupun domestik yang berorientasi pada kerja sama antarinstansi pemerintah dan swasta, melalui pertukaran data, simplifikasi proses, penghapusan repetisi dan duplikasi, serta didukung oleh sistem teknologi informasi yang mencakup seluruh proses logistik terkait dan menghubungkan sistem-sistem logistik yang telah ada. ⁣

Melalui berbagai penyederhanaan proses bisnis ini, tentunya menjadi salah satu upaya nyata pemerintah dalam mendorong program pemulihan ekonomi nasional yang kita tahu bahwa program ini bertujuan melindungi, mempertahankan,dan meningkatkan kemampuan ekonomi para pelaku usaha dalam menjalankan usahanya selama pandemi COVID-19 khususnya sektor informal atau UMKM. Dan lebih jauh lagi Indonesia akan memiliki layanan logistik yang murah dan cepat dengan biaya yang transparan dan kompetitif, sehingga sistem logistik Indonesia akan menjadi lebih efisien.⁣

Sementara itu, Program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) merupakan salah satu rangkaian kegiatan untuk mengurangi dampak COVID-19 terhadap perekonomian, dan juga untuk penanganan krisis kesehatan. Pemerintah menjalankan program PEN sebagai respon atas penurunan aktivitas masyarakat yang berdampak pada ekonomi. Dengan kata lain, Program PEN ini menjadi upaya berkelanjutan dari pemerintah dalam menjaga pertumbuhan ekonomi agar tetap stabil.

Kegiatan ini merupakan upaya pemerintah untuk mendorong ekspor khususnya produk-produk di NTB, baik itu hasil perkebunan, perikanan maupun kerajinan tangan. selain itu juga dapat sekaligus meningkatkan penerimaan negara pada sektor perpajakan.

Diharapkan kegiatan ini akan semakin meningkatkan silaturahmi dan membangun sinergi antara berbagai pihak dalam upaya membangun perekonomian di NTB.

#BeaCukai

#BeaCukaiMataram

#BeaCukaiMakinBaik

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Peta Situs

Kebijakan Privasi

Syarat dan Ketentuan

Hubungi Kami

Tentang Kami

Alamat:
Jl. Yos Sudarso No.14
Ampenan - Mataram 
Nusa Tenggara Barat

 

Jam Kerja

Senin - Kamis
08.00-12.15 dan 13.15-16.30

Jumat
08.00-11.30 dan 13.30-16.30

Kontak Kami
No. Telp : 0370 - 633572

No. Whatsapp : 0818 - 0794 - 5000
Email: bc.mataram@customs.go.id

Ikuti Kami

Open chat
Butuh bantuan?
Halo. Ada yang bisa kami bantu?