081-80794-5000 bcmataram@customs.go.id
Sinergi Bea Cukai Mataram dengan Dinas Kominfotik NTB Sosialisasi Gempur Rokok Ilegal dalam acara Talkshow
Tanggal Posting : Wed, 11 Oct 2023
Sinergi BC Mataram dengan Kominfotik NTB

Mataram (10/10/2023) – Bea Cukai Mataram bersama Dinas Kominfotik Provinsi NTB Sosialisasikan Gempur Rokok Ilegal. Sosialisasi dalam bentuk talkshow yang kemudian ditayangkan/diliput oleh media elektronik maupun media online tersebut dilaksanakan di Kantor Diskominfotik Provinsi NTB pada hari Selasa, 10 Oktober 2023.

2 narasumber yang hadir dalam dialog tersebut yaitu: Kepala Seksi Kepatuhan Internal dan Penyuluhan Bea Cukai Mataram, Adi Cahyanto, dan Kepala Dinas Kominfotik Provinsi NTB, Dr. Najamuddin Amy, S.Sos., M.M.

Adi Cahyanto menyampaikan bahwa kampanye gempur rokok ilegal merupakan program lanjutan dari stop rokok ilegal, yang dilaksanakan hingga tahun 2019, bertujuan untuk memberantas peredaran rokok ilegal.
“Kita akan terus menggalakkan upaya preventif dan represif melalui sosialisasi, edukasi, dan penindakan demi menekan peredaran rokok ilegal” ujar Adi Cahyanto.

Dengan menekan peredaran rokok ilegal diharapkan dapat meningkatkan penerimaan negara di bidang Cukai. Dari penerimaan Cukai Hasil Tembakau tersebut akan terdapat bagian yang dikembalikan ke masyarakat melalui alokasi Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT) dari Pemerintah Pusat ke Pemerintah Daerah.

“Penerimaan Cukai di Pulau Lombok yang dihimpun oleh Kantor Bea Cukai Mataram hingga 30 September 2023 ini mencapai +/- Rp17 miliar rupiah atau sekitar 97% dari target yang ditetapkan ke Bea Cukai Mataram,” ungkap Adi Cahyanto.

Melalui sosialisasi Gempur Rokok Ilegal, Bea Cukai juga mengharapkan dukungan dan bantuan dari masyarakat dalam upaya menekan peredaran rokok ilegal karena dengan berkurangnya rokok ilegal yang beredar akan memberi kesempatan rokok legal lebih banyak dikonsumsi.

“Jika rokok legal lebih banyak dikonsumsi, penerimaan Cukai akan meningkat. Jika penerimaan Cukai meningkat, maka DBHCHT yang dikembalikan ke daerah akan semakin besar,” tutup Adi Cahyanto.

_____________
Dalam upaya menjaga Wilayah Bebas dari Korupsi, kami mengucapkan terima kasih kepada Bapak/Ibu/Sdr/I untuk tidak memberikan gratifikasi dalam bentuk apapun kepada Pejabat/Pegawai Bea dan Cukai Mataram.

#BeaCukai
#BeaCukaiMataram
#BeaCukaiMakinBaik
#BersihCerdasAmanah

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Peta Situs

Kebijakan Privasi

Syarat dan Ketentuan

Hubungi Kami

Tentang Kami

Alamat:
Jl. Yos Sudarso No.14
Ampenan - MataramĀ 
Nusa Tenggara Barat

 

Jam Kerja

Senin - Kamis
08.00-12.15 dan 13.15-16.30

Jumat
08.00-11.30 dan 13.30-16.30

Kontak Kami
No. Telp : 0370 - 633572

No. Whatsapp : 0818 - 0794 - 5000
Email: bc.mataram@customs.go.id

Ikuti Kami

Open chat
Butuh bantuan?
Halo. Ada yang bisa kami bantu?